Rabu, 02 Juli 2014

Pendidikan_RPP Menulis Geguritan




Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
( RPP )

Satuan Pendidikan    : SMP
Mata Pelajaran          : Bahasa Jawa
Kelas / Semester        : IX / satu
Alokasi Waktu           : 2 X 40 menit

Standar Kompetensi : Menulis
Mampu mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan, dan perasaan dalam berbagai jenis karangan sastra maupun nonsastra menggunakan berbagai ragam bahasa Jawa sesuai dengan unggah-ungguh dan menulis dengan huruf Jawa.
Kompetensi Dasar     : Menulis Geguritan
Indikator                    :
-          Mampu menulis geguritan menggunakan diksi yang tepat
-          Mampu menulis geguritan sesuai dengan EYD
-          Mampu menulis geguritan dengan rima yang baik
-          Mampu menulis geguritan dengan tipografi yang baik
-          Mampu menyisipkan amanah dalam menulis geguritan
Tujuan Pembelajaran:
-          Siswa mampu menulis geguritan menggunakan diksi yang tepat
-          Siswa mampu menulis geguritan sesuai dengan EYD
-          Siswa mampu menulis geguritan dengan rima yang baik
-          Siswa mampu menulis geguritan dengan tipografi yang baik
-          Siswa mampu menyisipkan amanah dalam menulis geguritan



Materi Pembelajaran:
·         Contoh Geguritan

                                                   Monumen Tugu Muda      
Dening: Soekardi Bratasiswaya
angger, kawula mudha
aja pisan cethek ing rasa pangrasa
katewur gebyar kadonyan
temah lali tuking kamardikan
                        “Tugu Muda” kae ora mung pasren walaka
uga dudu rambu-rambu dalan simpangan
apa maneh papan kanggo pacaran
            luwih saka iku, ya ngger!
yen kotiti kanthi yekti
lianmbaran tulusing budi
tugu mau bisa tutur nabet ati
ya kiprahe kawula mudha duk ing nguni
rila banten jiwa raga
ndepani bumi mardika
                        takokna lawang sewu
apa pakunjaran bulu
kang minangka dadi seksi
ubale semangat kang ngedab-edabi
            aja pisan sira wisuh
            nampa warisan sawutuh
ngreksa tumimbale jiwa
·         Aspek-aspek sing perlu digatekake nalika nulis geguritan:
1.      Diksi
2.      EYD
3.      Rima
4.      Tipografi
5.      Amanah

Metode Pembelajaran:
-          Tanya jawab
-          Ceramah
-          Penugasan

Media Pembelajaran :
-          Contoh teks geguritan

Langkah-langkah Pembelajaran:
     Kegiatan awal
·         Guru bertanya seputar geguritan
-       Sapa sing wis tau nulis geguritan ?
·         Guru menyampaikan tujuan pembelajaran hari itu

   Kegiatan inti
·         Eksplorasi
-       Guru memberikan contoh geguritan di papan tulis.
-       Guru dan siswa bertanya jawab tentang kata-kata yang sukar.
-       Siswa mendengarkan penjelasan guru mengenai aspek yang harus diperhatikan dalam menulis geguritan.
·        Elaborasi
-       Siswa menulis geguritan dengan tema yang bebas.
-       Guru membagikan kartu penilaian yang berisi aspek-aspek yang dinilai (diksi, EYD, rima, tipografi, dan amanah) kepada siswa.
-       Siswa berkelompok dan saling menukar geguritan untuk dinilai oleh teman dalam satu kelompok, berdasarkan aspek-aspek dalam menulis geguritan yang tercantum dalam kartu penilaian.
·        Konfirmasi
-       Perwakilan kelompok menjelaskan hasil geguritan yang dikoreksi sesuai dengan aspek penilaian di depan kelas.
-       Kelompok lain menanggapi hasil penilaian dari kelompok yang maju.

   Kegiatan akhir
-        Guru menanggapi pekerjaan dari masing-masing kelompok.
-        Guru merefleksikan kegiatan hari itu.

Sumber Belajar:
-        Buku teks
-        Buku referensi

Penilaian
NO
ASPEK YANG DINILAI
RENTANG SKOR
SKOR PEROLEHAN
(CONTOH)
SKOR MAKSIMUM
1

2

3

4

5
Diksi

EYD

Rima

Tipografi

Amanah
0 – 30

0 – 25

0 – 20

0 – 10

0 – 15
20

20

15

10

15
30

25

20

10

15

Jumlah Skor

80
100






Mengetahui,                                                                  Semarang,
Kepala Sekolah                                                             Guru Mata Pelajaran
      
      
                                                                                    Three Sussanthy
NIP.                                                                            No. 2601411133

                                               

Tidak ada komentar:

Posting Komentar