Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
( RPP )
Satuan
Pendidikan : SMP
Mata
Pelajaran : Bahasa Jawa
Kelas /
Semester : IX / satu
Alokasi
Waktu : 2 X 40 menit
Standar
Kompetensi : Menulis
Mampu mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan, dan
perasaan dalam berbagai jenis karangan sastra maupun nonsastra menggunakan
berbagai ragam bahasa Jawa sesuai dengan unggah-ungguh dan menulis dengan huruf
Jawa.
Kompetensi
Dasar :
Menulis Geguritan
Indikator :
-
Mampu menulis geguritan menggunakan
diksi yang tepat
-
Mampu menulis geguritan sesuai dengan
EYD
-
Mampu menulis geguritan dengan rima yang
baik
-
Mampu menulis geguritan dengan tipografi
yang baik
-
Mampu menyisipkan amanah dalam menulis
geguritan
Tujuan
Pembelajaran:
-
Siswa mampu menulis geguritan
menggunakan diksi yang tepat
-
Siswa mampu menulis geguritan sesuai
dengan EYD
-
Siswa mampu menulis geguritan dengan
rima yang baik
-
Siswa mampu menulis geguritan dengan
tipografi yang baik
-
Siswa mampu menyisipkan amanah dalam
menulis geguritan
Materi
Pembelajaran:
·
Contoh
Geguritan
Monumen
Tugu Muda
Dening: Soekardi
Bratasiswaya
angger, kawula
mudha
aja pisan cethek
ing rasa pangrasa
katewur gebyar
kadonyan
temah lali
tuking kamardikan
“Tugu Muda” kae ora mung
pasren walaka
uga dudu rambu-rambu dalan simpangan
apa maneh papan kanggo pacaran
luwih
saka iku, ya ngger!
yen kotiti
kanthi yekti
lianmbaran
tulusing budi
tugu mau bisa
tutur nabet ati
ya kiprahe kawula
mudha duk ing nguni
rila banten jiwa
raga
ndepani bumi
mardika
takokna lawang sewu
apa pakunjaran bulu
kang minangka dadi seksi
ubale semangat kang ngedab-edabi
aja
pisan sira wisuh
nampa
warisan sawutuh
ngreksa
tumimbale jiwa
·
Aspek-aspek
sing perlu digatekake nalika nulis geguritan:
1. Diksi
2. EYD
3. Rima
4. Tipografi
5. Amanah
Metode
Pembelajaran:
-
Tanya jawab
-
Ceramah
-
Penugasan
Media
Pembelajaran :
-
Contoh teks geguritan
Langkah-langkah
Pembelajaran:
Kegiatan awal
·
Guru bertanya seputar geguritan
- Sapa
sing wis tau nulis geguritan ?
·
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
hari itu
Kegiatan
inti
·
Eksplorasi
- Guru
memberikan contoh geguritan di papan tulis.
- Guru
dan siswa bertanya jawab tentang kata-kata yang sukar.
-
Siswa mendengarkan penjelasan guru
mengenai aspek yang harus diperhatikan dalam menulis geguritan.
·
Elaborasi
-
Siswa menulis geguritan dengan tema yang
bebas.
-
Guru membagikan kartu penilaian yang
berisi aspek-aspek yang dinilai (diksi, EYD, rima, tipografi, dan amanah)
kepada siswa.
- Siswa
berkelompok dan saling menukar geguritan untuk dinilai oleh teman dalam satu
kelompok, berdasarkan aspek-aspek dalam menulis geguritan yang tercantum dalam
kartu penilaian.
·
Konfirmasi
-
Perwakilan kelompok menjelaskan hasil geguritan
yang dikoreksi sesuai dengan aspek penilaian di depan kelas.
-
Kelompok lain menanggapi hasil penilaian
dari kelompok yang maju.
Kegiatan
akhir
-
Guru menanggapi pekerjaan dari
masing-masing kelompok.
-
Guru merefleksikan kegiatan hari itu.
Sumber Belajar:
-
Buku teks
-
Buku referensi
Penilaian
NO
|
ASPEK YANG
DINILAI
|
RENTANG SKOR
|
SKOR PEROLEHAN
(CONTOH)
|
SKOR MAKSIMUM
|
1
2
3
4
5
|
Diksi
EYD
Rima
Tipografi
Amanah
|
0 – 30
0 – 25
0 – 20
0 – 10
0 – 15
|
20
20
15
10
15
|
30
25
20
10
15
|
Jumlah Skor
|
80
|
100
|
Mengetahui, Semarang,
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
Three Sussanthy
NIP. No. 2601411133
Tidak ada komentar:
Posting Komentar